Rabu, 05 November 2008

Wuih...akhirnya selesai juga baca buku ini...

Kesan pertama liat buku ini kok aras-arasen (malas) ya mau baca..apalagi bukunya tebal-tebal dan ada sekitar 25 jilid dipajang di lemari ruang tamu oleh abangku..itu aja katanya masih sebagian...karena sisanya dalam proses cetak dan ada juga dirumah dia..total ada 50 jilid...wuih capek deh bayanginnya. Herannya lagi, respon pembaca buku ini di indonesia termasuk luar biasa..sampai dicetak ulang 3 kali untuk jilid pertama saja.
Sampai suatu hari setelah makan malam, iseng-iseng aku ke rak lemari di ruang tamu, tak ambil buku tersebut...aku baca pelan-pelan...semakin lama semakin tertarik...meskipun masih sepintas lalu aja...kemudian lanjut ke jilid 2 dan seterusnya...semakin lama semakin bodoh rasanya banyak hal yang baru buatku...ya mungkin karena selama ini aku aja yang males baca tentang ini.
Setelah tanya ke abangku dan baca-baca di internet dimana banyak situs yang menyebutkan sumber dari buku ini...akhire tak niati dengan ucapan bismillah...aku coba baca secara serius. Lebih dari sebulan aku baca pelan-pelan, tak pelajari isinya..kalo bingung aku ulangi lagi..dan baru senin malam lalu...tuntas terbaca jilid 1. Alhamdulillah..meskipun baru 1 jilid dan dengan susah payah..tapi hati ini jadi puas...karena dapat buanyak pengetahuan agama darinya. Bisa dikatakan buku Fathul Baari itu isinya ensiklopedi dunia islam, karena membahas tuntas hadist shahih bukhari yang mana shahih bukhari ini memang sudah disepakati oleh dunia islam untuk dijadikan dalil dalam beribadah kepada Allah sesuai tuntunan Rasulullah SAW.

Semoga Allah mengampuni dan melimpahkan rahmat-NYA kepada pengarang buku ini (Ibnu Hajar Al Asqalani) atas sumbangsihnya untuk umat Islam dan dicatat sebagai amal jariyah. Amin.

Tidak ada komentar: